Game untuk anak sekolah minggu. Sekolah minggu merupakan kegiatan rohani Kristen yang biasanya ditujukan untuk anak kecil di kelas TK-SD. Saat masuk sMP, biasanya sudah mengikuti pemahaman Alkitab di gereja setempat.
Bicara mengenai anak-anak, maka tidak akan lepas dari adanya sebuah permainan atau game. Game bisa membuat suasana anak-anak menjadi ceria dan bersemangat.
Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan sedikit memberikan informasi mengenai game-game yang cocok untuka anak sekolah minggu. Apa saja? Silahkan simak selengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.
Game untuk Anak Sekolah Minggu
Tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasan selengkapnya mengenai game atau permainan yang cocok untuk anak sekolah minggu dilansir dari berbagai sumber berikut.
1. Hidup Baru
- Permainan ini diambil alih berasal dari basic Alkitab yaitu “Jangan Kamu Serupa Dengan Dunia”. tiap tiap orang harus mencari pasangannya, setelah beroleh maka tiap tiap pasangan harus berhadapan dan melihat secara teliti dan benar mengenai lawan pasangannya berikut baik berasal dari telapak kaki hingga ujung rambut.
- Kemudian berbalik arah, kemudian ada yang bertugas untuk memeriksa dan ada yang bertugas untuk pengaruhi penampilan dirinya.
- Setelah hitungan ke 5 maka harus berbalik dan berhadapan kembali. Yang bertugas untuk memeriksa harus menebak perubahan apa yang berlangsung pada pasangannya. Misalkan pasangan pengaruhi penampilan pada “model rambut yang tadinya ke kanan menjadi ke kiri” atau bisa terhitung “menggulung lengan pakaian sebelah” atau yang lainnya.
- Ini dilakukan secara bergantian, kalau ada yang tidak benar maka bakal diberi hadiah cocok bersama dengan kesalahannya.
2. Kapal Nuh
- Ini diambil alih berdasarkan kisah nabi Nuh yang berada didalam bahtera bersama dengan bermacam macam type mahluk hidup lainnya.
- Permainan ini pakai alat peraga kertas koran yang lebar, carilah 5 anak didalam satu kelompok, selanjutnya 5 orang anak berikut harus berada di atas kertas koran itu. Kelompok satu bersama dengan lainnya diberi jarah 1 meter layaknya kala kita baris-berbaris.
- Suatu kala ada peringatan yang berbunyi “AWAS GELOMBANG TINGGI”. Ketika mendengar nada itu maka berasal dari pihak kapal lawan bagaimana cara untuk merobek kertas koran di grup lainnya yang bersebelahan.
- Sampai akhirnya siapa yang hanya tersisa satu grup yang senantiasa utuh semua anggotanya berada menginjak kertas koran berikut tanpa menginjak lantai.
- Pemenangnya bakal diberi hadiah yang sudah dihidangkan oleh panitia.
3. Domba yang Hilang
- Game ini terhitung tidak kalah seru, di mana ada satu anak menjadi gembala dan yang lainnya menjadi domba.
- Gembala harus ditutup matanya supaya tidak bisa melihat domba-dombanya.
- yang menjadi domba dipersilahkan duduk/ jongkok / berdiri (tidak boleh bergerak) secara acak bersama dengan jarak sekitar 0,5 – 1 meter.
- Tugas sang gembala adalah mencari dan mengetahui nama domba bersama dengan cara memegang tidak benar satu berasal dari domba.
- Tugas domba yang dipegang harus berbunyi menyerupai kambing “EMMMBBekkkkkk”. Suara domba bisa dibuat-buat supaya membuat sukar sang gembala mengenalinya.
- Gembala bakal menjelaskan siapa nama orang asli yang menjadi domba tadi, kalau gembala bisa menebak bersama dengan benar maka sang domba bakal bergantian menjadi gembala. Jika gembala tidak bisa menebak namanya, maka gembala harus bergeser dan mencari domba hingga benar menebak namanya.
4. Tulis Tokoh Alkitab
- Permainan ini dibagi menjadi beberpaa grup bersama dengan sekurang-kurangnya 2 anak. Tugas satu anak untuk menusi di depan baiknya pakai kertas saja sebab bakal sejalan bersama dengan grup lainnya. Tugas yang lain adalah mencari nama tokoh yang disebutkan didalam ayat.
- Salah satu anak bertugas untuk beri tambahan kata kunci berupa ayat misalkan Mazmur 10: 1-20.
- Dari didalam ayat berikut bakal ada beberpa nama orang didalamnya.
- kelompok yang cepat dan benar didalam menulis semua nama orang yang ada didalam ayat Alkitab berikut bakal menang.
5. Menyampaikan Injil
- Menyampaikan Injil sesungguhnya tidak senantiasa bakal mudah, pasti bakal ada saja halangan yang dihadapi. didalam permainan ini bisa dicermati bagaimana susahnya untuk memberikan Injil kepada sesama manusia.
- Peserta dibagi menjadi beberapa grup menyesuaikan kuantitas total, lebih baiknya kalau satu grup ada 5 anak.
- Permainannya yaitu pakai karet dan sedotan. sedotan dimasukan didalam karet, tugas satu anak bersama dengan lainnya yaitu beri tambahan karet bersama dengan perantara sedotan di mulut.
- Dalam satu grup peserta harus sejajar layaknya berbaris dan tidak boleh melihat kebelakang sebelum saat gilirannya.
- Satu anak di awal bertugas untuk mengingat-ingat kata ayat didalam Alkitab yang sudah diberikan oleh panitia.
- Setelah hitungan dimulai maka anak pertama harus memberikan isikan kata didalam ayat Alkitab tadi kepada anak di sebelahnya.
- Namun syaratnya harus beri tambahan dahulu karet bersama dengan sedotan di mulut (estafet) kepada anaksebelahnya. Setelah karet diberikan pada anak disampingnya baru saja ayat Alkitab yang tadi sudah diingat disampaikan kepada anak disampingnya, begitu sesudah itu hingga pada orang terakhir.
- Tugas anak yang terakhir adalah menulis kalimat ayat Alkitab itu bersama dengan benar. Siapa yang tercepat dan benar bakal menjadi juaranya.
6. Menyusun Kata
- Panita harus sediakan abjad terasa berasal dari A hingga Z dan angka 0 hingga 9 untuk satu kelompok. Bisa dibuat berasal dari kertas yang digunting2x. Dalam 1 paket abjad dan angka harus ada 5 paket. contoh A-Z sebanyak 5 buah dan 0-9 sebanyak 5 buah. Karena mengantisipasi ada huruf yang dobel didalam menyusun kata.
- Permainan ini untuk melatih kecepatan didalam menyusun kata. Kata yang bakal diberikan adalah nama didalam Alkitab bisa berupa apapun baik nama tokoh, nama tempat, nama barang, dan lainnya.
- Peserta dibagi menjadi beberapa grup dan tiap tiap grup harus menyusun kata berikut bersama dengan benar dan cepat.
7. 2 Ikan Atau 5 Roti
- Semua peserta dibuat lingkaran besar bisa bersama dengan duduk ataupun berdiri. Dimulai berasal dari 1 orang anak berada di tengah.
- Anak yang berada di tengah ini harus menjelaskan Ikan-Roti-Ikan-Roti bersama dengan cepat sambil mencari anak yang bakal ditunjuk.
- Misalkan anak berikut menjelaskan kata terakhir yaitu Ikan dan menunjuk ke anak bernama Rendi, maka Rendi harus menjelaskan nama type tidak benar satu ikan sebelum saat hitungan ke 3. Begitu terhitung bersama dengan Roti, maka anak yang ditunjuk harus menjelaskan tidak benar satu type roti.
- Begitu sesudah itu hingga beroleh anak yang tidak bisa menjawab, bagi anak yang tidak bisa menjawab bakal bergantian maju di tengah dan mencari mangsanya.
- Syaratnya adalah nama type Ikan atau Roti yang sudah disebutkan tidak boleh disebutkan ulang.
8. Engkau Mengasihi Aku?
- Permainannya yaitu semua orang harus membuat satu lingkaran besar. Dibawah kaki tiap tiap bagian harus diberi tanda bisa bersama dengan lingkaran berasal dari kapur / kertas koran dll. Tanda berikut adalah tempat tinggal mereka yang sewaktu-waktu bisa bergeser penghuninya.
- Cara mainnya yaitu ada satu orang yang tidak memiliki tempat tinggal berada di tengah-tengah lingkaran. Tugas berasal dari orang itu adalah mencari rumah.
- Syarat mencari tempat tinggal adalah bersama dengan bertanya kepada tidak benar satu berasal dari mereka “APAKAH ENGKAU MENGASIHIKU ???” Jawanbannya adalah IYA dan TIDAK.
- Apabila jawabannya IYA, maka semua orang harus mencari tempat tinggal baru bersama dengan syarat tempat tinggal baru mereka tidak boleh bersebelahan bersama dengan tempat tinggal yang lama. Hasilnya maka bakal berlangsung saling lari dan berebut untuk beroleh tempat tinggal baru, supaya bakal ada satu orang yang tidak memiliki rumah.
- Apabila jawabannya adalah TIDAK, maka bakal ada pertanyaan ulang “LALU SIAPA YANG KAMU KASIHI” yang ditanya harus menjelaskan tidak benar satu nama berasal dari mereka andaikan “AKU MENGASIHI ROBET” maka Robet senantiasa diam dirumahnya dan yang lain harus mencari tempat tinggal baru bersama dengan syarat dan cara yang mirip bersama dengan berebut, maka hasilnya nanti bakal ada satu orang yang tidak memiliki rumah.
- Begitu sesudah itu hingga tidak batas kala yang diberikan, bagi yang terakhir tidak memiliki tempat tinggal bakal diberi hadiah berupa terserah anda.